Selasa, 10 Desember 2013

Cara Memperoleh Beasiswa Ke Luar Negeri





Mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri merupakan impian setiap pelajar.  Namun, banyak pelajar yang tidak mengetahui bagaimana cara mendapat beasiswa tersebut terlebih untuk pelajar yang kurang mampu namun memiliki mimpi besar tersebut. Berikut, kami ingin membagikan tips mengenai cara memperoleh beasiswa di luar negeri. Selamat membaca dan semoga bermanfaat! J

Tips memperoleh beasiswa di luar negeri :

1.      Cek website negara asing yang berada di Indonesia

Berbagai beasiswa ditawarkan oleh banyak pihak, namun perlu diketahui bahwa banyak penipuan yang berkedok beasiswa. Cara paling aman untuk memperoleh informasi mengenai beasiswa adalah melalui website negara asing yang berada di Indonesia atau bisa datang langsung ke kedutaan tersebut. Jika Anda mengunjungi website jangan lewatkan bagian “Scholarship” atau “Grants” dimana di dalamnya berisi informasi mengenai beasiswa yang disediakan beserta dengan ketentuan dan persyaratan aplikasinya.

2.      Mempersiapkan sertifikat bahasa asing

Bahasa merupakan syarat mutlak untuk diterima belajar di luar negeri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperoleh sertikat bahasa asing. Karena kemampuan berbahasa merupakan salah satu pertimbangan utama dalam seleksi. TOEFL/IELTS merupakan sertifikat bahasa yang harus dimiliki jika ingin belajar di Amerika dan Inggris, ZD jika ingin ke Jerman, dan DALF jika ingin ke Perancis.

3.      Menjalin kontak dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di luar negeri

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) merupakan organisasi yang terdiri dari para pelajar yang sedang menimba ilmu di negara lain. Organisasi tersebut dibentuk untuk berbagi informasi dan pengalaman belajar di luar negeri. Menjalin hubungan dengan organisasi tersebut sangat penting untuk memperoleh berbagai informasi terbaru mengenai beasiswa.

 Kunjungi website universitas yang diminati

Informasi mengenai beasiswa yang akurat adalah berasal dari universitas itu sendiri yang dapat diakses melalui website yang dimiliki universitas tersebut. Saran kami adalah mengunjungi website universitas tersebut secara periodik.
  
5.      Persiapkan surat rekomendasi dari dosen/guru

Surat rekomendasi sudah menjadi kewajiban di berbagai universitas di luar negeri. Usahakan Anda memiliki surat rekomendasi dari dosen yang sudah profesor agar lebih meyakinkan pihak universitas yang dituju karena ada yang merekomendasikan Anda. Sehingga Anda memperoleh nilai plus dan  Anda dapat diprioritaskan untuk mendapat beasiswa.

6.      Perhatikan persyaratan beasiswa sebelum mengirimkan aplikasi

Pastikan Anda sudah melengkapi semua dokumen persyaratan. Karena tak jarang yang gagal mendapatkan beasiswa karena kesalahan teknis seperti ini. Jangan sampai Anda kehilangan kesempatan ini hanya karena masalah sepele seperti ini.

7.      Buat CV yang meyakinkan dan berkualitas

Membuat Curriculum Vitae yang berkualitas sangat membantu dalam mendapatkan beasiswa. Usahakan membuat CV dengan format yang baik dan benar serta menyebutkan prestasi yang pernah Anda raih, pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja, pengalaman mengikuti seminar/ event internasional, dan kemampuan berbahasa asing.

8.      Pastikan Anda melamar beasiswa di bidang yang paling Anda kuasai

Kesempatan untuk sukses mendapatkan beasiswa akan semakin besar jika Anda memilih pada bidang yang sudah Anda kuasai sebelumnya. Misalnya Anda adalah lulusan S-1 Komunikasi maka Anda akan lebih mudah memperoleh beasiswa di bidang yang sama seperti Jurnalistik, Public Relation, dan Broadcasting daripada pada bidang yang Anda belum pelajari sebelumnya.





2 komentar: