Senin, 09 Desember 2013

PROSPEK KERJA LULUSAN DI BIDANG PETERNAKAN




Anggapan dari orang-orang awam di sekitar kita dalam bidang peternakan adalah hewan ternak. Maksudnya dalam bidang peternakan kita hanya berhubungan dengan hewan-hewan ternak yang kita pelihara. Tetapi sebenarnya prospek kerja di bidang peternakan sangatlah luas tidak hanya sebatas hewan ternak saja.
Berkut ini beberapa prospek kerja di bidang peternakan :
1.         Di Perusahaan
Banyak perusahaan besar di Indonesia yang berkaitan dengan peternakan atau hewan ternak diantaranya PT. Charoen Popkhand Indonesia, PT. Japfa Comfeed, PT. Wonokoyo.
2.         Di Bidang atau Instansi Pemerintah
            Mahasiswa lulusan peternakan dapat bekerja di bidang pemerintahan yang berkaitan dengan peternakan dan hewan ternak, diantaranya Departemen Pertanian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementrian Riset dan Teknologi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag), Departemen Koperasi (Depkop) dan Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat (PPKM), dan perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang peternakan.

3.         Di Bidang Non-Peternakan
            Selain bidang peternakan, Mahasiswa lulusan peternakan juga dapat bekerja di bidang non-peternakan diantaranya perbankan, lembaga keuangan, dan industri retail.

4.         Wirausaha / Wiraswasta
            Pada dasarnya mahasiswa lulusan peternakan diciptakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan bukan untuk mencari pekerjaan. Mahasiswa lulusan bidang peternakan dapat membuka lapangan pekerjaan seperti membuka usaha pakan ternak yang tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja. Selain itu dapat juga membuka usaha budidaya ternak seperti budidaya ayam, sapi, kambing, kelinci dan hewan ternak lainnya. Dibidang pengolahan, juga dapat membuat olahan daging seperti sosis, nugget, kornet, dan bakso. Usaha-usaha tersebut tentunya dapat menyerap banyak tenaga kerja.
Dari uraian di atas, terbukti bahwa mahasiswa lulusan peternakan mempunyai peluang pekerjaan yang luas. Tidak hanya sebagai pencari kerja, tetapi juga dapat menjadi pembuka lapangan pekerjaan. 
Ada pepatah Arab yang mengatakan “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin, negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya” (Campbell dan Lasley, 1985)
Pepatah di atas pantas dijadikan renungan bahwa bidang peternakan merupakan bidang dengan prospek kerja yang menjanjikan dan beternak merupakan pekerjaan yang mulia karena dari bidang inilah diperoleh hasil ternak berupa daging, susu, dan telur sebagai sumber pangan manusia. Oleh karena itu, mari majukan peternakan Indonesia! :-)
 

12 komentar:

  1. Artikel yang menarik. Dapat menjadi reverensi dan rekomendasi jurusan bagi para siswa kelas 3 SMA.. :D

    Jangan lupa kunjungi balik ya.. Dari fakultas sebelah. BDP'13

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, bangkitkan bidang peternakan dan pertanian di Indonesia,

      Hapus
    2. ok, bangkitkan bidang peternakan dan pertanian di Indonesia,

      Hapus
  2. kerja keras adalah kunci sukses kalian, mau di petertekan pun kalau kalian serius menggelutinya pasti bisa kok, jgn putus asa ya :)
    GWS ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terima kasih. Hidup Peternakan Indonesia!! :)

      Hapus
  3. Isinya dapat memotivasi Orang" yang sedang belajar bidang Peternakan. dan kepada orang yang dibidang lain diharapkan tidak meremehkan bidang Peternakan.

    Masukan: Alangkah lebih baik jika Fontnya di seragamkan, agar lebih enak dipandang, kecuali untuk kutipan dan hal" yang bersifat menekankan itu wajar,

    Saya juga mau bertanya, ini maksudnya gimana...?
    Ada pepatah Arab yang mengatakan “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin, negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya” (Campbell dan Lasley, 1985)

    pepatah arab, tapi di akhir kenapa ada Campbell dan Leasley....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iy, yang itu mas. terima kasih koreksinya. Jadi gini, Kami juga dapat tugas agama, disuruh cari materi tentang Peranan Islam dan Peternakan. Didalam materi yang kami dapat ada pernyataan seperti itu.

      Hapus
  4. Ini artikelnya bagus, bisa jadi inspirasi mungkin yang belum tau prospek kerjanya nanti. Waktu itu teman saya juga banyak yang nanya tuhhhh tapi saya gatau._, mungkin artikel ini bisa membantu :3 ditambah lagi itu quotenya keren banget hehe. Tetap semangat ya :-)

    BalasHapus
  5. iya mb Kiky, makasih masukannya :)
    semoga bisa membantu temen-temen yang masih ragu mau masuk bidang peternakan, ;-)

    BalasHapus
  6. cukup menarik, tapi kok blum ada contoh kerja nyata nya lulusan peternakan, misalnya mereka tu kerjanya ngapain. sehingga informasinya gag ngambang.. oke gitu aja thx
    semangat yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok terima kasih koreksinya, kedepan akan kami perbaiki. :)

      Hapus
  7. artikel yang menarik ...akan lebih menarik lagi jika disajikan dengan tampilan huruf (font) yang seragam, penulisan yang benar (beberapa salah ketik) serta bahasa Indonesia yang benar :)
    terus berkarya yaa... sukses utk kalian..

    BalasHapus